Untuk semua Info Tentang dunia Perternakan

Jumat, 23 September 2011

PEMELIHARAAN BAWAL AIR TAWARDI KOLAM TERPAL

Kolam terpal dapat digunakan untuk pemeliharaan ikan bawal air tawar. Sebelum kolam terpal digunakan kolam terpal harus dipersiapkan terlebih dahulu. Setelah kolam terpal selesai dibuatbilas lah terpal terlebih dahulu. Masukan air kedalam molam sesuai dengan kebutuhan lalu diamkan selama 2 – 3 hari.

1. Benih Iakan Bawal air Tawar

Benih yang digunkan untuk pemebesaran ikan bawal air tawar umumnya berukuran 5-8 cm dan8-12 cm. benih ikan dapat langsung ditebar dikolam terpal.akan tetapi sebelum ditebar sebaiknya benih ikan dikarantina terlebih dahulu didalam bak dan dapat perlakuan tetrasiklin 25 ppm selama 3 hari.

2.Pendederan Bawal Air Tawar

Pendederan Bawal iar Tawar dimaksudkan untuk menghasilkan benih berukuran yang lebih besar. Untuk pendedseran dikolam terpal padat penebaran benih antara 100-150 ekor/m². kedalam air adalah 30-40 cm. benih diberi pakan berupa
pellet yang dihancurkan menjadi tepung. Jumlah pakan yang diberikan 750 gram/100.000 ekor benih pada minggu pertama dan 1.000 gram/100.000 ekor benih pada minggu kedua . pakan diberikan 4 x sehari yaitu pagi, siang, sore, malam. Pakan sebaiknya mengandung protein 30-35 %.

3. Pembesaran Bawal Air Tawar

Kegiatan pembesaran ilakukan untuk menghasilkan Bawal Air Tawar ukuran konsumsi atau ukuran pasar. Umumnya BAT diproduksi dengan berat 30-5000 gram/ekor sebagai ikan konsumsi. Untuk mencapai berat tersebut dibutuhkan waktu pemeliharaan selama 3-4 bulan dengan ukuran benih 5-8 cm. kepadatan kolam pembesara antara 50-70 ekor/m².

4.Pemberian Pakan

Biaya pakan biasanya sebesar 60% dari biaya produksi. Ada lima hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian pakan.

a. Cara pemberian pakan

Dalam pemberian pakan dan beberapa cara yng dapat digunakan yaitu dengan cara ditebar langsung dengan tangan atau dengan atau dengan menggunakan alat bantu

b. waktu Pemberian

waktu pemberian pakan bisa dilkukan pada pagi. Siang. Soreatau malam. Waktu pemberian pakan yag teratur bertujuan untuk mendisiplinkan waktu makan ikan. Hal ini kan membuat pakan lebih efisien.

c. Jumlah pakan

jumlah pakan yang diberikan bias any dihitung berdasarkan persen (%) per hari berate keseluruhan jumlah ikan dalam kolam. Ikan BAT membutuhkan 3-4% per berat total ikan dalam kolam

d. Frekuensi Pemberian

frekuensi pemberian dalah kekerapan waktupemberian pakan dlam sehari bisa 1x, 2x, 3x atau lebih. Umunya pemberian pakan ikan anata 3-5x sehari.

e. tempat pemberian Pakan

tempat pemberian pakan adalah letak tau posisi pakan itu harus diberikan. Hal ini juga dimaksudkan agar jumlah pakan yang diberikan efisien. Ikan selalu mengingat waktu dan tempat dimana setiap kali diberi pakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar